Pengertian Organisasi adalah bentuk formal dari sekumpulan dua orang atau lebih yang dikelompokkan dalam suatu proses/kerjasama tertentu
untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan secara bersama.
Bentuk Bentuk Organisasi :
Berdasarkan bentuknya yaitu :
1. Organisasi garisBentuk organisasi paling sederhana, tertua dan masih kecil. Dimana jumlah karyawan/anggotanya masih sedikit sehingga spesialisasi kerjanya belum tinggi dan dapat mengenal satu sama lain dengan baik.
2. Organisasi garis dan staff
Bentuk organisasi yang digunakan oleh setiap organisasi besar, bidang pekerjaan bermacam-macam, memiliki cakupan kerja yang luas dan rumit serta karyawan/anggota pada bentuk organsasi ini sudah banyak.
3. Organisasi fungsional
Organisasi yang terbentuk sesuai dengan dasar fungsi-fungsi yang dijalankan dan organisasi ini di tetapkan pada perusahaan yang dimana pembagian tugas dalam kerjanya dapat dibedakan secara jelas.
4. Organisasi panitia
Organisasi yang terbentuk hanya dalam sewaktu saja,setelah tugas usai dikerjakan maka organisasi tersebut telah menyelesaikan tugasnya.
Berdasarkan banyaknya pemimpin yaitu :
1. Organisasi proyek
Organisasi yang membentuk kelompok-kelompok spesialisasi dalam mewujudkan tujuan yang khusus, dimana manajer proyek memiliki kewenangan untuk memimpin para anggota kelompok selama periode waktu proyek. Apabila telah selesai maka organisasi tersebut akan dibubarkan.
2. Organisasi matrik
Organisasi yang seraya membentuk seperti organisasi proyek tetapi yang menjadi perbedaan adalah dimana anggota atau karyawan dalam organisasi matrik ini memiliki dua pemimpin dengan kewenangan yang berbeda.
Struktur organisasi :
Organisasi Lini
Struktur organisasi lini yang
diciptakan oleh Henry Fayol ini merupakan bentuk yang paling sederhana dan
paling tua dalam organisasi. Struktur ini menggambarkan tekanan bahwa wewenang
organisasi dipegang langsung oleh manajemen puncak atau manajer atas yang di
terapkan pada karyawannya untuk mencapai keberhasilan.
Organisasi Lini dan Staf
Merupakan kombinasi dari organisasi lini, asaz komando
dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para staff,
dimana staff berperan memberi masukan, bantuan pikiranm saran-saran, data
informasi yang dibutuhkan.
Organisasi Fungsional
Organisasi fungsional adalah suatu organisasi dimana
wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang
mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang
mempunyai keahlian khusus.
Organisasi Lini dan Fungsional
Suatu bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan
tertinggi dilimpahkan kepada perkepala unit dibawahnya dalam bidang pekerjaan
tertentu dan selanjutnya pimpinan tertinggi tadi masih melimpahkan wewenang
kepada pejabat fungsional yang melaksanakan bidang pekerjaan operasional dan
hasil tugasnya diserahkan kepada kepala unit terdahulu tanpa memandang eselon
atau tingkatan.
Perbedaan antara
organisasi fungsional, organisasi garis dan organisasi garis & staff:
Organisasi
fungsional :
organisasi fungsional
diciptakan oleh E.W Taylor. ciri-ciri organnisasi fungsional adalah sebagai
berikut:
1. setiap pimpinan dapat
memberikan perintah kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungan dengan fungsi
atasan tersebut.
2. setiap pimpinan dapat
menerima perintah dari pimpinan mana saja asal lebih tinggi kedudukannya
3. tidak terlalu
menekankan pada struktur hirarki
4. tanggung jawab
pelaksanaan kepada lebih dari satu pimpinan.
Organisasi garis :
organisasi garis
diciptakan oleh Henry Fayol, ciri-ciri struktur oorganisasi garis adalah
sebagai berikut:
1. organisasi masih
kecil,praktis dan sederhana
2. jumlah karyawan sedikit
3. pimpinan dan semua
karyawan saling mengenal
4. spesialisasi kerja
belum tinggi
5. hanya mengenal satu
komando
6. struktur organisasi
sangat sederhana
7. garis komando dari atas
ke bawah, sebaliknya tanggung jawab dari bawag ke atas
organisasi garis dan staff
diciptakan oleh Harrington Emerson , ciri-ciri organisasi garis dan staff ialah
sebagai berikut:
1. dipergunakan dalam
organisasi yang bersikap kompleks
2. daerah kerjanya luas,
karyawannya banyak
3. ada 2 kelompok
karyawan, yaitu kelompok staff sebagai penasihat dan kelompok garis sebagai
pelaksana
4. mempunyai bidang-bidang
yang beraneka ragam dan rumit.Alasan Timbulnya Organisasi Informal Dalam Perusahaan :
Pada
dasarnya semua individu memiliki kebutuhan untuk mendapat kepuasan dalam
berafiliasi dengan orang-orang di lingkungannya atau dengan kata lain manusia
tidak pernah puas, jika dalam organisasi formal kebutuhan tersebut dapat
dipenuhi, maka ia akan mencari sumber lain untuk memenuhi kebutuhannya. Dan
sumber itu ialah organisasi informal. Dan biasanya organisasi informal muncul
dikarenakan adanya sekelompok orang yang memiliki kebutuhan yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar